I AM UNLIMITED

Inspiring And Motivation

Passion

Jika Anda menjadi penyapu jalanan, Anda harus menyapu jalan layaknya Michelangelo melukis, sejenius Beethoven menggubah musik, atau seindah tulisan Shakespeare. Anda harus menyapu jalan begitu baik sehingga semua tentara surga dan Bumi akan berhenti sejenak dan berkata, ‘Di sini tinggal penyapu jalanan yang melakukan pekerjaannya dengan sangat baik’.”

Martin Luther King Jr.

Passion menurut saya adalah rasa antusias yang kuat untuk melakukan sesuatu yang lahir dari hati. Sehingga dibayar atau tidak dibayar, saya akan tetap melakukannya.  Intinya sesuatu yang Anda kerjakan dengan senang hati tanpa beban, bisa jadi itu adalah passion Anda.

Menemukan passion yang ada dalam diri Anda seperti menemukan harta karun. Passion akan membawa Anda melewati semua tantangan yang ada. Passion akan membuat Anda tetap tersenyum manis ketika Anda mendengar pandangan yang merendahkan Anda karena melakukan sesuatu.

Hampir semua orang yang sukses dalam bidangnya adalah orang-orang-orang yang menemukan passion mereka. Sehingga, sangat penting menemukan passion dalam hidup Anda. Menjalani hidup tanpa mengetahui lebih dalam passion Anda sama seperti menaiki mobil mewah di jalanan yang hancur. Anda mungkin mendapatkan fasilitas, posisi atau materi dari yang Anda kerjakan namun di sisi lain sepertinya Anda merasa terpaksa melakukannya. Terpaksa melakukannya atas dasar kebutuhan secara materi atau sosial.

Yang menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang, mungkin termasuk Anda adalah “bagaimana saya bisa menemukan passion tersebut?”

Pertanyaan ini mungkin akan dijawab dengan berbagai versi oleh para motivator atau mereka yang sudah menemukan passion dalam hidup mereka. Saya memiliki jawaban tersendiri atas pertanyaan tersebut. Jawaban yang  merupakan hasil dari apa yang saya alami.

Analisa pekerjaan atau hal yang membuat Anda dengan rela (tanpa beban) dan senang (sangat menikmatinya).  Dari beberapa jawaban tersebut carilah satu hal yang paling membuat Anda bersemangat untuk Anda lakukan. Sederhananya, jika Anda memikirkannya saja Anda sudah bersemangat, bisa jadi itu adalah passion Anda

Salah satu ciri yang selalu saya temukan di Twitter mereka yang belum menemukan passion dalam pekerjaan mereka adalah yang selalu berkicau “I Don’t Like Monday” dan “Thank God It’s Friday” (TGIF). Anda bisa sependapat dengan saya dan Anda juga bisa tidak sependapat dengan saya. Mungkin ini tidak berlaku bagi mereka ababil! Hanya ikut-ikutan nge-tweet saja

Sungguh ironis ketika Anda bekerja dengan rasa terpaksa. Rasa terpaksa tidak pernah melahirkan kebahagiaan yang sejati.

Saya setuju dengan opini Rene Suhardono, seorang Career Coach yang mengatakan“Hidup tanpa passion itu risikonya terlalu besar. Kalau kerja hanya demi uang dan kita mengalokasikan 8-12 jam sehari just to get some money , juga harus menembus macet, dan lainnya, terus enggak ada excitement lain, enggak asyik banget, kan!”

Saya yakin ketika Tuhan mengizinkan Anda lahir ke muka bumi ini, Tuhan sudah menaruh passion tersebut. Saya akan memaparkan sebuah fakta yang ada di sekitar saya dan Anda. Anda bisa menemukan opini kalau pria sejati itu pasti suka main atau nonton sepak bola. Sepertinya sejak kecil kita menemukan opini seperti ini. Tapi pada kenyataannya ada berapa banyak pria yang mencintai karate, bola basket, catur dan cabang olahraga lainnya? Passion selalu melahirkan perbedaan!

Secara umum Anda bisa memiliki rasa suka akan sesuatu seperti pada umunya orang lain. Namun secara spesifik kita hanya mencintai sesuatu bukan karena hal tersebut disukai orang banyak pada umumnya. Tapi lebih kepada Anda benar-benar jatuh cinta dan sangat bergairah ketika melakukannya.

Mencintai yang Anda lakukan merupakan salah satu syarat untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sehingga kesimpulan yang bisa saya berikan dari tulisan saya ini adalah: mencintai suatu bidang atau pekerjaan sering disebut sebagai passion.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s