I AM UNLIMITED

Inspiring And Motivation

Metode Penelitian

Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sering dipasangkan dengan sebutan  metode modern dan tradisional. Metode kualitatif disebut sebagai metode modern, karena metode ini belum lama menghiasai dunia penelitian. Sedangkan metode kuantitatif disebut metode tradisional, karena metode ini telah digunakan sejak lama dan menjadi tradisi dalam melakukan penelitian. Dalam penelitian kuantitatif terdapat data penelitian berupa angka-angka dan analisa menggunakan statistik.

Dalam pengembangan dan tahapan penelitiannya, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif memiliki beberapa perbedaan yang mendasar, yaitu :

Perbedaan aksioma dasar tentang realitas.

a.      Sifat realitas

–          Metode penelitian kuantitatif dapat diklasifikasikan, bersifat konkrit, dapat teramati dan terukur

–          Metode penelitian kualitatif bersifat ganda, holistik, dinamis, yang merupakan hasil konstruksi dan pemahaman.

b.      Hubungan peneliti dengan yang diteliti

–          Metode penelitian kuantitatif bersifat independen, agar terbangun objektivitas dari peneliti.

–         Metode penelitian kualitatif bersifat interaktif dengan sumber data yang valid, agar data yang dianalisis memperoleh makna.

c.       Hubungan variable

–          Metode penelitian kuantitatif bersifat kausal atau sebab-akibat

–          Metide penelitian kualitatif bersifat timabl balik atau interaktif.

d.      Kemungkinan generalisasi

–          Metode penelitian kuantitatif  cenderung bebas nilai.

–          Metode penelitian kualitatif cenderung terikat dengan nilai-nilai yang dibawa peneliti dan sumber data yg diperoleh.

 Perbedaan dalam proses penelitian

a.      Metode penelitian Kuantitatif

Menentukan masalah, merumuskan masalah, menentukan konsep dan teori dari para ahli yang relevan, pengajuan hipotesis, menemukan asumsi terhadap hubungan antar variable, menyusun instrumen penelitian dan menentukan metode atau strategi pendekatan. Setelah ditentukan strateginya, lalu penemuan yang berupa data dikumpulkan kemudian dibuat kesimpulan.

b.      Metode penelitian kualitatif

Terdapat tiga tahap dalam proses penelitian kualitatif yaitu tahap pertama adalah tahap deksripsi, dalam tahap ini peneliti mulai memasuki situasi sosial terdapat komponen tempat, responden, dan aktifitas. Tahap kedua adalah tahap reduksi, dalam hal ini penelitian menentukan fokus penelitian yaitu memilih diantara hal yang telah dideskripsikan. Selanjutnya tahap ketiga adalah tahap seleksi, dalam tahap ini peneliti mengurai fokus yang telah dipilih menjadi komponen yang  lebih rinci dan mendalam.

Perbedaan dalam karakteristik penelitian

a.      Design

–          Metode penelitian kuantitatif : designnya ditentukan secara mantap sejak awal, spesifik, kelas dan rinci, serta menjadi pegangan tahap selanjutnya.

–          Metode penelitian kualitatif: desinnya lebih fleksible, dapat berkembang dan muncul dalam proses penelitian , serta bersifat umum.

b.      Tujuan

–          Metode penelitian kuantitatif: bertujuan untuk menunjukan hubungan antar variable, menguji teori dan mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif.

–          Metode penelitian kualitatif: bertujuan untuk menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif, menemukan teori baru, mengambarkan realitas yang kompleks, dan memperoleh pemahaman makna.

c.       Teknik pengumpulan data

–          Metode penelitian kuantitatif: melalui kuisioner, observasi dan wawancara terstruktur.

–          Metode penelitian kualitatif: melalui wawancara mendalam, dokumentasi, triangulasi dan pengamatan partisipan.

d.      Instrument penelitian

–          Metode penelitian kuantitatif: melalui angket, tes, wawancara terstruktur.

–          Metode penelitian kualitatif: penelitian sebagai instrumen, buku catatan, rekaman, kamera, handycam, dsb.

e.       Sumber data

–          Metode penelitian kuantitatif: bersifat  kuantitatif dari hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen.

–          Metode penelitian kualitatif : bersifat deksriptif kualitatif dari dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dll

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan kedua metode penelitian ini dapat dilihat berdasarkan tiga aspek, yaitu perbedaan dalam aksioma dasar tentang realitas, proses penelitian dan karakteristik penelitian.

 

NO

Kualitatif

Kuantitatif

1 Penelitian kualitatif disebut juga penelitian naturalistik, interpretatif, konstruktivis, naturalistik-etnografik, pendekatan fenomenologis dan penelitian dengan pola pencarian dari dalam Penelitian kuantitatif disebut juga penelitan rasionalistik, fungional, positivisme, dan penelitan dengan pola pencarian kebenaran dari luar
2 memulai kegiatannya dengan konsep-konsep yang sangat umum, kemudian selama penelitian, konsep-konsep yang sangat umum itu diubah-ubah dan direvisi sampai bertemu dengan kesimpulan yang sangat kuat. Dengan kata lain, variabel ditemukan dan dirumuskan kembali, bukan di awal mengisolasi variabel-variabel dan kemudian menghubungkannya dalam hipotesis. Selanjutnya menguji hipotesis itu dengan data yang dikumpulkan.
3 variabel merupakan produk penelitian yang ditemukan kemudian. variabel-variabel menjadi alat atau komponen utama dalam melakukan analisis
4 penelitian kualitatif menggunakan lensa besar dan menampak serta memperhatikan pola-pola saling berhubungan antara berbagai variabel yang sebelumnya belum pernah ditemukan. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan holistik, menyeluruh penelitian kuantitatif memandang melalui lensa kecil, melihat dan memilih serta memperhatikannya hanya beberapa buah variabel saja.
5 Penelitian kualitatif menjadikan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data atau informasi. Peneliti diminta luwes dan mampu membuat atau memberikan pandangan sendiri atas hal-hal atau fenomena-fenomena yang dilihatnya. penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang ditentukan terlebih dahulu, dan instrumennya sangat tidak fleksibel dan juga tidak reflektif yaitu tidak mengandung interpretasi.
6 penelitian kualitatif masalah penelitian tidak dapat di formulasikan secara jelas dan jawaban dari responden juga sangat kompleks, sehingga wawancara mendalam mungkin sangat efektif dalam pengumpulan data. Penelitian kuantitatif menuntut jawaban yang pasti, jelas, tidak ambigu, dan oleh karena itu instrumen dalam bentuk kuesioner mungkin sangat tepat dalam pengumpulan data.
7 Penelitian kualitatif tertarik dengan konsep-konsep, bukan berapa kalinya sesuatu. penelitian kuantitatif bermain dengan angka-angka, yaitu mengkuantifikasi sampel terhadap populasi, dan mengangkakan karakteristik variabel-variabel penelitian.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s