I AM UNLIMITED

Inspiring And Motivation

8 Cara Hidup Tegar

Helen Keller pernah berkata “Karakter tidak dapat dibentuk dalam sehari dan secara tiba-tiba. Hanya melalui pengalaman dan cobaanlah jiwa seseorang dapat menjadi kuat, bervisi jelas, hidup penuh inspirasi, dan mencapai sukses”

Kita sebagai manusia hidup di dunia ini pastilah tidak pernah lepas dari yang namanya cobaan atau tantangan. Tidak pernah ada satu orang pun di dunia ini yang hidupnya selalu lancar tanpa masalah dari sejak dia lahir sampai meninggal. Namun anehnya, jika kita perhatikan, akan selalu ada dua orang yang berbeda sikap, orang yang selalu bersikap positif dan orang yang bersikap negatif. Sebenarnya apa sih yang membedakan kedua orang tersebut. Dua-duanya pastilah pernah ditimpa cobaan, namun bagaimana mungkin sikap kedua orang tersebut bisa berbeda?

Perbedaannya terletak pada cara mereka menyikapi masalah itu sendiri. Yuk mari kita simak 8 hal yang bisa kita pelajari untuk mengubah cara kita menyikapi suatu cobaan atau masalah:

1. Kekuatan perspektif
Hidup ini tidaklah selalu mudah, ya semua orang tau itu. Dengan memilih cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak terkadang dapat memberikan perbedaan antara harapan dan keputusasaan. Jadi di setiap kali kita menghadapi masalah, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri seperti: “Apa hikmah yang bisa kita ambil?”, “Apa yang bisa dipelajari dari pengalaman ini?”, “Apa yang lebih penting sekarang ini?”, dan “Jika kita mencoba berpikir secara lebih luas, apa kira-kira jawaban dari permasalahan ini?”. Semakin tinggi kualitas pertanyaan kita, maka semakain baik pula jawaban yang akan kita terima. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan membantu kita untuk melihat masalah tersebut dari sisi perspektif yang berbeda. Dengan perspektif yang berbeda memungkinkan kita untuk bisa lebih memahami masalah tersebut.
2. Jangan fokus pada Kejelekannya
Kita seharusnya belajar dari masa lalu dan bukan terpaku padanya. Terkadang masa lalu kita selalu mencegah kita untuk melihat potensi kita sebenarnya dan memburamkan kesempatan yang ada di depan mata. Apa yang sudah terjadi tidak bisa kita ubah, tetapi apa yang akan terjadi ada dibawah kendali kita. Langkah pertama untuk keluar dari bayang-bayang masa lalu adalah dengan menyatakannya! Katakan kalau SAYALAH YANG MEMEGANG KENDALI DAN BUKAN MASA LALU SAYA! Coba untuk lontarkan pertanyaan seperti “Apa gunanya lagi untuk saya sekarang?”, “Bagaimana saya bisa membawa perbedaan dalam situasi ini?”, dan “Apa langkah selanjutnya yang sesuai dengan tujuan hidup saya?” Di setiap detik kita hidup kita selalu punya pilihan yang bisa kita pilih untuk maju menuju masa depan yang cerah. Jika kita hanya focus kepada kejelekan yang terjadi setelah badai kita tidak akan pernah menyadari kalau langit di atas kita sudah cerah kembali. Goethe mengingatkan kita: “Tidak ada yang lebih berarti daripada hari ini.” Jadi sekali lagi jangan focus pada kejelekannya tetapi buatlah pilihan yang lebih baik hari ini dan majulah!

 

3. Yang harus kamu lakukan hanyalah meminta….kepada orang yang tepat!
Dalam hidup terkadang kita merasa kalau kita ini berjalan seorang diri, tetapi sebenarnya tidaklah demikian selama kita dapat jujur pada diri sendiri dan meminta bantuan kepada orang lain jika membutuhkannya. Kamu justru bisa mendapatkan kekuatan dan dukungan melalui “para penasehat” yang kamu ciptakan. Para penasehat ini adalah orang-orang yang selalu siap ketika kamu memerlukan nasihat, sudut pandang berbeda, pendapat, atau hanya sekedar pendengar yang baik. Anggota para penasehat ini juga bisa merupakan idolamu baik itu dimasa lalu ataupun saat ini, baik individu yang nyata ataupun fiksi. Cobalah bertanya pada dirimu: “APa yang akan dikatakannya jika berada di situasi saya?”, atau “Apa yang akan ia lakukan jika mengalami keadaan saya saat ini?”. Mencari bantuan tidaklah sama dengan tukang mengeluh. Seorang pengeluh berfokus pada masalahnya. Tetapi orang-orang sukses meminta dukungan dari orang lain yang mereka butuhkan untuk memecahkan masalah.

 

4. Berkembanglah dengan area kekuatanmu sementara mencari potensi baru
Kita semua pasti memiliki suatu area dimana secara alami merupakan bakat kita. Beberapa dari kita hebat dalam berinteraksi, yang lain hebat dalam menggunakan peralatan, dan beberapa hebat dalam mengolah informasi. Melakukan pekerjaan yang tidak sejalan dengan bakat atau kekuatan alami mu merupakan suatu kesia-siaan potensimu. Ada begitu banyak assessment tools yang tersedia yang bisa kamu manfaatkan untuk menentukan bakat dan kekuatanmu sekaligus area dimana kamu memiliki potensi paling besar.

 

5. Tetaplah bersenang-senang dan nikmatilah
Van Wilder yang berasal dari film dengan judul yang sama pernah berkata “Janganlah terlalu serius dalam hidup, kamu tidak akan keluar hidup-hidup” Tidak peduli seberapa sulitnya keadaanmu, cobalah untuk tetap bersenang-senang dan nikmati hidupmu. Lakukanlah liburan kecil di setiap harimu, bisa dengan berjalan-jalan di taman, olahraga, memeluk seseorang yang kamu cintai, atau berendam di bak air panas. Semakin sulit dan stressnya lingkungan hidupmu maka semakin penting bagi kamu untuk memperhatikan diri sendiri sehingga kamu bisa santai, menenangkan pikiran, dan mengembalikan semangatmu. Setelah selesai kamu akan dapat melihat situasi yang sama dengan cara yang berbeda, tentu dengan lebih positif.
6. Tetaplah bersikap terbuka
Ada begitu banyak jalan bagi berbagai kesempatan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Kita dapat memulainya dengan menanyakan apa arti sebenarnya kesuksesan dan kebahagiaan bagi kita, dan biarkan jawaban kita menunjukkannya. Ketika satu jalan terlihat seperti jalan buntu, coba carilah jalan lain. Berbagai pilihan baru dapat datang dari berbagai sumber seperti dari para penasihat yang telah disebutkan sebelumnya, dengan berpikir outside the box, berani bermimpi, melakukan sesuatu yang berbeda, atau semudah meninggalkan berbagai kebiasaan lama yang tidak sesuai dengan diri kita. Kita tidak akan pernah merasa buntu kecuali ada yang mengekang yaitu diri sendiri. Jadi tetaplah bersikap terbuka.

 

7. Tetaplah berkeyakinan
Ada beberapa cara untuk tetap menjaga keyakinan kamu. Keyakinan terhadap diri sendiri, keyakinan akan dunia ini, dan keyakinan bahwa kita akan mendapatkan jawaban dari semua permasalahan kita. Pergilah ke suatu tempat dan lakukanlah aktivias yang memberikan perasaan paling bahagia bagi kedamaian di hatimu. Ketika kamu melakukan ini secara teratur maka kamu akan lebih sering mendapatkan inspirasi, pandangan ke depan yang lebih jernih langsung dari dalam jiwa terladammu.

Kutipan berikut dari Anne Frank bias kita jadikan sebagai contoh: “Obat terbaik bagi setiap orang yang merasa takut, kesepian, ataupun tidak bahagia adalah pergi keluar, ke tempat yang sepi dimana ia bisa sendiri dengan alam, lingkungan, dan Tuhan.”
Ketika kau sudah menemukan tempat kedamaianmu, cobalah bertanya: “Apa yang mungkin terjadi jika seandainya situasi ini adalah berkat yang terselubung? Apa makna yang jauh lebih besar yang mungkin berguna bagiku saat ini?” Tanyakan hal ini langsung ke dalam hatimu. Jangan coba untuk cari jawabannya melainkan kosongkan pikiranmu dan biarkan jawaban tersebut datang dengan sendirinya kepadamu. Jawaban tersebut mungkin datang saat itu juga ataupun nanti disaat waktunya tepat, seringkali disaat yang tidak kamu kira. Yang harus kamu lakukan adalah tetap bertanya dan terus amati.
Tetaplah berkeyakinan. Temukan kedamaian di hati, dan jawaban akan datang!

 

8. Bertekad untuk tidak akan pernah menyerah
Saya pernah sekali mendengar ada seorang pemberani yang mengatakan kalau tidak ada pecundang di dalam hidup ini, kecuali jika ia menyerah pada dirinya sendiri. Selama kamu masih hidup dan bernapas, tujuanmu di dalam hidup ini belumlah tercapai. Petualangan terbesarmu adalah menemukan tujuan itu, dan untuk terus menghidupinya sampai napas terakhirmu. Jika kamu membaca artikel ini, kamu mungkin merasa tersentak oleh suara hatimu untuk melakukan lebih banyak. Panggilan itulah yang merupakan petualanganmu yang sudah kamu nantikan. Jadi tunggu apa lagi?

 

SEMANGAT……SEMANGAT…SEMANGAT…..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s