I AM UNLIMITED

Inspiring And Motivation

Kiat Meniti Karir Dari Paling Bawah (sebuah pengalaman)

Anda minder jadi Office Boy? Nggak PD jadi pesuruh kantor? Merasa gelap masa depan tanpa kemajuan? JANGAN TAKUT! Karir itu mudah diraih asal tahu caranya. Ijinkan saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi plus literatur-literatur yg pernah saya geluti guna meniti karir dari NOL BESAR. Hasilnya wauwwww… anda bisa terpana. Seribu jalan menuju Roma kawan.

Perhatikan hal-hal penting berikut ini jika Anda dalam posisi jabatan paling bawah:

1) Semua orang bekerja atas dasar kebiasaan yg diulang-ulang. Banyak diantaranya bekerja bukan dari faknya tapi karena diberi kesempatan. Oleh karena itu lulusan fakultas psikologi bisa saja menjadi staf Marketing ataupun Keuangan. Dasarnya sederhana: diajari tugas rutin berulang-ulang selama bertahun-tahun. Akhirnya ngelotok. Di sini terjadi proses learning by doing (belajar sambil bekerja).

Nah Anda bisa belajar apapun di kantor dg menawarkan diri jadi asisten tanpa tambahan honor. Gunakan waktu luang Anda untuk membantu mereka yg berada di atas jabatan anda, dari mulai staff s/d manager. Bisa jadi hari ini Anda bantu staff Administrasi dan besok Anda bantu staff Keuangan, dst. dst… Semakin sering Anda bantu mereka semakin  dekat hubungan kalian, semakin banyak ilmu anda dapatkan, semakin banyak ketrampilan Anda peroleh, semakin naik harga Anda di mata rekan sejawat.

Semua ini adalah investasi besar Anda dalam meniti karir. Maka nikmatilah pekerjaan Anda. Jangan menuntut kenaikan honor/upah. Biarkan kenaikan honor/upah menjemput Anda pada saatnya nanti. Biarkan kenaikan pangkat/jabatan mengejar-ngejar Anda di kemudian hari.

2) Setiap orang bisa keluar-masuk pekerjaan. Baik di sektor swasta maupun negri selalu ada proses mutasi, promosi, rotasi, PHK, rekruitmen, rasionalisasi tenaga kerja, dll. Dan jangan lupa juga ada saatnya karyawan cuti, sakit, tugas luar kota. Jika Anda sudah jadi asisten (walaupun tidak formil) maka kesempatan Anda untuk muncul menggantikan tugas “atasan” terbuka dg sendirinya. Jika mereka sakit atau cuti atau berhalangan maka Anda akan ditunjuk menggantikan tugas-tugas mereka. Kesempatan seperti ini adalah awal terbukanya pintu promosi jabatan yg telah Anda ciptakan sendiri.

Apalagi jika ada mutasi, promosi, rotasi jabatan maka peluang Anda sangat besar untuk naik pangkat atas permintaan atasan-atasan Anda. Enak bukan?

3) Semua boss suka pegawai yg trampil. Kita tahu trampil indentik dg mampu melaksanakan tugas dg benar. Anda yg sudah menempatkan diri sebagai asisten bagi beberapa staff/manager akan meningkat dg cepat ketrampilan Anda jika Anda menikmati pekerjaan Anda. Apalagi jika Anda mau meluangkan waktu untuk mengikuti kursus-kursus, training, pelatihan, dan bila mampu lanjutkan kuliah untuk meraih gelar sarjana.

Sebagai bawahan yg paling bawah Anda selalu punya waktu luang. Perbanyaklah waktu luang Anda dg masuk kerja paling awal dan pulang kerja paling akhir. Hindari ngrumpi-ngrumpi di kantor. Gunakan kesempatan untuk belajar mengoperasikan apa saja yg mungkin. Anggap saja Anda baru pertama kali kerja. Kuasailah dari hal-hal sepele. Misalnya cara operasikan mesin fotocopy, mesin tik, mesin fax, komputer, printer, penjilid, dan apa saja yg tersedia di kantor.

Anda mungking akan sering kerja lembur. Tapi anda tidak akan merasa lelah jika anda menikmati pekerjaan dan di hati anda terbayang masa depan cerah, karir terbentang bahkan mungkin tak terbatas. Jika Anda konsisten dg pola tsb tak lama lagi Anda akan menjadi rebutan manager untuk menempatkan anda sebagai staff mereka, percayalah. Dan lebih dari itu Anda akan jadi karyawan teladan dg prestasi gemilang di kemudian hari.

4) Menolak Diberi Tugas Sama Saja Menolak Promosi. Kebodohan umum adalah menolak diberi tugas. Misalnya Anda menolak menghitungan lembur pegawai karena Anda staff Sales& Marketing. Padahal dibalik tugas yg di luar wilayah Anda tersembunyi kesempatan menambah ilmu, wawasan, ketrampilan hingga promosi jabatan serta kenaikan income. Adalah bodoh menolak diberi tugas karena Anda lebih suka ngrumpi dan menghabiskan waktu tanpa produktivitas kerja. Sambutlah pemberian tugas baru dan nikmatilah. Anda akan menikati buah manisnya di kemudian hari.

Ini bukan omong kosong kawan, ini bukan teori. Saya pernah mengalaminya. Dan saya ingin berbagi dg Anda. Tahukah Anda bahwa saya awalnya jadi Office Boy selama dua tahun pada awal 1980an dan pada akhir 1980an saya sudah jadi Senior Manager dg upah 50x lipat dari upah  Office Boy.

Oke kawan-kawan selamat mencoba. Wassalam.

sumber:http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/10/kiat-meniti-karir-dari-paling-bawah-sebuah-pengalaman/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s