I AM UNLIMITED

Inspiring And Motivation

Catatan Kecil, Apa itu Impedansi

Impedansi dapat didefinisikan sebagai karakteristik listrik yang menjadi penghambat suatu daya listrik. Impedansi dipengaruhi oleh frekuensi sehingga sifatnya berubah-ubah. Satuannya adalah ohm.
Istilah impedansi sering kita temui dalam perangkat-perangkat audio seperti speaker, earphone, dan lain-lain. Jika impedansi bersifat menghambat daya, apakah impedansi tetap diperlukan pada perangkat-perangkat tersebut?
Impedansi memang bersifat menghambat, akan tetapi ini membuat amplifier/receiver harus bekerja ekstra untuk menghasilkan tegangan yang diinginkan. Sebaiknya, impedansi pada perangkat lebih baik berukuran kecil sehingga akan makin banyak daya yang dialirkan sehingga suara yang dihasilkan juga semakin bagus. Akan tetapi, jika impedansi terlalu kecil, maka tegangan yang dihasilkan akan semakin besar (sesuai hokum Kirchoff) dan hal ini akan dapat membuat perangkat audio menjadi rusak.

Impedansi VS Resistansi

Impedansi pada dasarnya adalah gabungan dari segala jenis hambatan pada sinyal langsng dari sebuah aliran listrk, seperti resistansi, reaktansi, capasitansi dan seluruh factor mekanikal yang menimbulkan hambatan dari transfer energy dalam sebuah system.
Impedansi adalah hambatan pada arus AC dan resistansi merupakan hambatan untuk arus DC. Lambang imedansi adalah Z sedangkan resistansi dilambangkan oleh R. Akan tetapi, satuan keduanya adalah OHM.

Ukuran Impedansi Pada perangkat Audio
Speaker
Ukuran impedansi speaker bermacam-macam mulai dari 2 ohm, 4 ohm, 6 ohm dan 8 ohm. Sebuah amplifier solid state biasanya dirancang untuk dapat menahan impedansi sampai 8 ohm, mulai dari 4 ohm. Berbeda dengan amplifier tabung yang hanya bisa menahan impedansi sesuai dengan sesifikasinya.
Headphone dan Earphone
Impedansi yang ada pada earphone. Headphone atau earbud biasana berkisar antara 16-32 ohm. Semakin besar impedansi suatu headphone, daya yg dibutuhkan semakin besar. Untuk headphone dengan impedansi besar, perlu digunakan komponen pendukung, yaitu amplifier. Dengan bantuan amplifier, headset akan mampu menahan impedansi ang lebih besar. Akan tetapi, saat ini sudah banyak alat-alat atau headset yang sudah dilengkapi dengan amplifier terintegrasi sehingga bisa menahan impedansi sampai 600 ohm. Headphone dengan impedansi kecil dapat langsung dihubungkan dngan jack nya.

Headset Seri vs Paralel
Susunan Paralel

paralel1

Jika gambar diatas dimisalkan dengan hambatan masing-masing 1 Ohm pada tiap earphone. Sesuai hukum Khirchoff, maka hambatan penggantinya (secara susunan parallel) adalah sebesar 0,5 ohm.
Berikut adalah perhitungan dayanya :

rumus-paralel

Dari perhitungan diatas terdapat penurunan daya sebesar 50% dari daya yang semula. Kesimpulannya adalah jika hambatan diparalelkan, dengan catatan besar hambatannya sama, akan terjadi penurunan daya.
Susunan Seri

seri

Berdasarkan perhitungan yang sama, jika masing-masing hambatan sebesar 1 ohm, maka besar hambatan pengganti untuk susunan seri ini adalah 2 ohm.
Berikut adalah perhitungan dayanya :

rumus-seri

Berkebalikan dengan susunan parallel, jika hambatan disusunkan secara seri, dayanya maah akan bertambah sebesar 100%. Semula dayanya adalah P, setelah dususunkan secara seri, daya berubah menjadi dua kali lipatnya, yaitu 2P.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s